Pengenalan dunia 3D “Kenapa pilih Blender?”

2016 – 28 October

Ketika kamu tertarik dengan dunia CG (Computer Graphic) kamu akan segera tahu tentang dunia 3D. Ya, Now a day dunia seni mulai beralih ke dunia Digital dimana semua hal dilakukan di computer. Walaupun tidak menutup kemungkinan kalau seni tradisional akan tetap bertahan, bagaimanapun juga seni traditional (Traditional Art) tetap menjadi Art Field yang mempunyai ciri yang unik.

chloe-swift-artwork-by-yudit-1999
Chloe Swift Yudit 1999’s Original Character

Dalam dunia CG, 3D juga terbagi menjadi beberapa field diantaranya Animation, Virtual Reality, Game, Visual Effect, 3d Printing dan masih banyak lagi. Dalam artikel ini kamu akan diberi penjelasan tentang :

  1. Dimana saya harus memulai?
  2. Software apa yang harus digunakan?

Saya katakan lagi ini adalah beberapa 3D field yang paling popular didunia 3D :

dream-room-by-yudit-1999
“Dream Room” Architecture Render by Yuditya Afandi
sintel
Sintel Open Movie Blender Foundation
uncharted-4
Uncharted 4 Game
virtual-reality
VR (Virtual Reality)
visual-effect
Visual Effect
  • Virtual Reality
  • Gaming
  • Architectural Rendering
  • 3D Printing
  • Animation Movies
  • Visual Effect

Dan dari semua jenis 3D Art field tersebut membutuhkan basic 3D, dalam Basic 3D masih sama membutuhkan dasar dasar seni 2D seperti memahami perspektif, atau memahami anatomi manusia. Namun dalam pengaplikasiannya sangat berbeda dengan 2 dimensi misalnya dalam membuat animasi 2 Dimensi kamu harus mebuat gambar dari pose to pose yang dilakukan karakter. But! di 3D kamu bisa menggunakan rigging untuk menggerakan model yang telah kamu buat.

Beberapa jenis basic 3D yang bisa kamu pelajari antara lain :

  1. Modeling
  2. Texturing
  3. Lighting

Dan itulah yang harus kamu pelajari diawal jika kamu ingin membuat sebuah karya 3D. terjawab sudah pertanyaan “Dimana saya harus memulai?”

Dan kita menuju ke pertanyaan “Software apa yang harus saya gunakan?”

Karena banyak sekali software 3D dengan kelebihan dan kekurangannya masing masing. Beberapa software 3D yang saya ketahui diantaranya :

  • Cinema 4D
  • 3DS Max
  • Maya
  • ZBrush
  • Houdini
  • Lightwave
  • Blender
3d-software
Beberapa contoh Software 3D

Banyak yang berkata kalau kamu harus memilih Software yang banyak digunakan di studio studio besar seperti Walt Disney yang menggunakan Maya dan ZBrush atau Bizzaro Entertainment yang menggunakan 3DS Max, Maya, Zbrush dan Mudbox. However Pixar mempunyai Marionette yang merupakan Home Software yang tidak dirilis untuk umum, juga pada DreamWorks yang mempunyai Premo dan Apollo sebagai home softwarenya.

Actually, tidak masalah software apa yang kamu gunakan karena yang dicari dalam dunia industri adalah hasil karya mu, bukan software yang kamu gunakan. Walaupun kamu menggunakan Blender tapi kamu mampu menghasilkan sebuah masterpiece yang amazing sudah pasti kamu akan lebih dipilih di industry daripada orang yang menggunakan Maya tapi hanya mampu merender Cube.

“.. we look for broad artistic and technical skills, rather than the ability to run package over another.” – Pixar, Careers Page

So, dalam dunia 3D. Pemilihan software untuk memulai karir didunia CG sangat penting, prioritas yang harus diutamakan adalah :

  1. Tidak Mahal
  2. Fungsional
  3. Mudah untuk belajar

Well, dalam kasus ini Blender paling memenuhi semua kriteria diatas. Mari kita lihat :

3ds-software-comparison
Harga Software 3D (2016)

See, Blender obviously paling murah karena Open Source. Selanjutnya adalah Blender mempunyai fasilitas yang benar benar HUGE! Animation, Compositor, Video Editing, Cycles Render Etc. jika disebutkan satu persatu maka akan sangat panjang sekali artikel ini. Dan hal menggembirakan lain yang ditawarkan Blender adalah berdirinya komunitas yang besar dan ramai, kamu tidak perlu susah susah mencari video tutorial karena banyak sekali Tutorial FREE dan HIGH QUALITY yang ada di youtube. Beberapa tutor favorit saya adalah Andrew Price (Blender Guru),  Kent Trammell (CG Cookie), Gleb Alexandrov (Creative Shrimp) dll.

screen-shot
Banyaknya tutorial Blender

Keunggulan Blender yang lain adalah developer yang mengembangkan Softwarenya sesuai keinginan pengguna, Fitur fitur di Blender banyak yang dibuat berdasarkan banyaknya peminat pengguna yang menginginkan fitur tersebut. Dan dibuatnya Open Movie seperti Sintel dan Big Buck Bunny untuk menguji kualitas software Blender.

“Somewhere out there, a brilliant kid and their friends are working in their garage, using and improving on tools like Blender.. They will be the next pixar” – Cited from TheVerge.com

Wuuuuhu so, start use Blender guys!! Dan nikmati sensasinya!

*Artwork “Puddles Scene” by Yuditya Afandi

Tag: Yudit 1999 Yudit Art Yuditya Afandi

Advertisements

One Comment Add yours

  1. thanks for the information

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s