9 Pelajaran Artistic “Saya Belajar Keras!”

2016 – 16 October

“Saya bosan, saya lelah, saya tak mampu lagi melanjutkannya, saya tidak menyangka akan menjadi sangat sulit seperti ini..” Well, pernahkan kata kata itu muncul dikepala kamu? Saat kamu membuat sebuah karya atau belajar tentang sesuatu yang baru tiba tiba pikiran pikiran itu menghantui bagaikan angin puting beliung, saya jamin anda pernah merasakannya. And i swear that’s not comfortable..

My Improvement
Perkembangan Karya Saya dari Tahun 2015 ke 2017

So, apa yang saya lakukan jika mengalami hal seperti itu? “saya mengambil alat gambar saya dan membuangnya lewat jendela”… -_- No! hal harus saya lakukan adalah mengambil alat gambar saya dan mulai menggoreskannya pada kertas! apapun hasilnya, percayalah! suatu saat pasti akan menjadi lebih baik. karena untuk mendapatkan hasil yang maksimal saya harus mampu melewati hal hal sulit dahulu. Let me tell you something “if it was easy everybody will do it”

Namun kerja keras saja tidak cukup! kamu harus melakukannya dengan workflow yang benar. Dan kali ini saya akan membagi cara pada kalian tentang cara belajar untuk mejadi lebih baik yang coba saya terapkan akhir akhir ini.

Check this out!

Lesson 1 : Tetapkan tujuan kamu!

Ini adalah langkah besar! karena banyak orang yang bilang “saya ingin belajar membuat X” misalnya, namun pada akhirnya dia tidak pernah melakukannya. Karena tujuan itu terlalu samar, maksudnya adalah tujuan itu masih tidak jelas detail detailnya.

Inilah contoh tujuan yang benar :

“Saya ingin membuat film pendek dengan karakter original saya dan harus selesai dalam waktu 2 bulan dan harus featured di salah satu channel Short Film Compilation”

Mungkin itu terdengar berlerbihan, tapi itu menuntun saya untuk berhasil menyelesikannya! And Look at this! It’s Works! yuuuhuuuuuu.. 😀 My Short Film featured on CGBros!

Some Night 80.000 Views!
My Short Film on CGBros

Cara membuat tujuan yang benar :

  1. Pastikan apa yang akan kamu buat! Contohnya “Character Creation” Ini akan membantu kamu disaat mencari tutorial. Daripada harus melihat semua tutorial yang ada di youtube, lebih baik fokus dulu pada apa yang akan membantu mu. Dalam kasus ini mungkin “How to Sculpting”
  2. Lihat contoh dari hasil akhir orang lain! Oke, mungkin kamu berpikir “nanti saya ngcopy dong?” Nooo! Rahasianya adalah kamu jangan lihat hanya satu contoh hasil akhir, kamu harus lihat ratusan atau mungkin ribuan! pada akhirnya kamu akan mampu membuat hasil akhir sendiri yang unik.
  3. Tentukan apa yang akan dihasilkan dari karya mu! apakah itu akan mendapatkan 10.000 like di instagram atau 5000 like di Facebook atau mungkin akan mendapatkan bayaran karena itu merupakan comission work atau yang lainya.
  4. Tentukan berapa lama kamu akan menyelesaikanya!

Lesson 2 : Hanya Praktek tidak menghasilkan hasil yang lebih baik!

Oke kalian pasti sering dengar quote “untuk menjadi lebih baik kamu harus terus praktek! praktek! dan praktek!” Dan itu absolutely salah. dalam belajar, praktek merupakan hal yang penting namun dalam praktek itu kamu harus dikelilingi juga dengan tutor tutor dan saran dari para masters atau bukan masters.

Lesson 3 : Belajar yang sebenarnya tidak menyenangkan

Ya. Belajar yang sebenarnya adalah menyakitkan. Tidak akan ada suasana belajar yang berawan cerah dan berpelangi. Disaat belajar pasti ada saat dimana kamu benar benar merasa stress, namun ini bukan tentang seberapa besar sulitnya hal yang sedang yang kamu lakukan melainkan tentang seberapa kuat kamu untuk melewati kesulitan itu..

Lesson 4 : Waktu tidak menentukan kehebatan seseorang

Mungkin kamu berpikir kalau orang yang berkecimuk di blender selama 6 tahun lebih baik dari yang baru 4 tahun, itu salah. Karena banyak yang sudah lama berkecimuk didunia blender dan masih memiliki hasil yang sama sama saja. Tapi ada orang yang baru beberapa tahun belajar blender dan sudah menghasilkan hasil yang amazing.. poin dari semua ini adalah gunakan waktu sebaik mungkin untuk belajat sesuatu yang baru setiap waktu.

Lesson 5 : Belajar jangan dari hanya satu sumber!

blog-post-3
Beberapa Sumber Blender Tutorial

Yup! jangan hanya mengikuti satu guru atau dua guru! ikuti banyak guru atau idola yang kamu sukai. karena semua artist mempunyai ciri khas mereka, jika kamu hanya mengikuti satu guru atau idola, kamu akan melewatkan hal hal unik yang seharusnya akan membantu mu menjadi lebih baik.

Lesson 6 : Dengarkan kritik dari orang lain!

screenshot_2016-10-17-00-17-12
Kritik dari orang lain akan sangat membantu

Ini adalah salah satu terobosan untuk menjadi lebih baik dengan cepat. Karena terkadang kamu tidak melihat apa yang orang lain lihat. Dan disaat kamu menyadarinya ternyata banyak kritik dari orang lain yang eventualy benar.

Mendapatkan kritik dari seorang master memang sangat membantu, however mendapat kritik dari orang yang bukan artist sama sekali justru terkadang akan membantu lebih banyak. Karena mata orang biasa lebih bisa menangkap kesalahan yang tidak bisa ditangkap mata artist.

Lesson 7 : Fundamental mengalahkan segalanya!

human-fundamentals
Examples of Basic Human Fundamentals

Dasar dasar seperti anatomy manusia benar benar akan membantu mu dalam dunia seni. walaupun kamu membuat cartoony style tapi kamu merusak form manusia yang sebenarnya, kamu akan menghasilkan hasil yang benar benar aneh. mungkin proporsi pundaknya tidak pas atau tangannya terlalu panjang dan lain lain.

Lesson 8 : You must have FUN!

Ya. kamu sudah membaca 7 hal yang benar benar membuat kamu tidak semangat.. namun ada cara yang mungkin mambuat kamu agak nyaman dengan tujuh hal diatas “Have FUN!” well, begini mungkin untuk 5 hari kamu harus belajar fundamental tentang tubuh manusia, lalu untuk 2 hari kamu bisa membuat sebuah karya bebas yang membuatmu “relax” atau mungkin kamu bisa mendengarkan music atau stand up comedy disaat praktek. Dalam kasus ini saya suka mendengarkan lagu lagunya Taylor Swift dan Avril Lavigne selama praktek.

Lesson 9 : Buatlah hal yang kamu sukai

Evelyn Snow by Yudit 1999
Saya suka character jadi saya buat character saya sendiri “Evelyn Snow” 2017

Finaly, jika kamu tidak suka membuat karya tentang character, kenapa kamu terus membuatnya? Jika kamu suka membuat karya tentang robot yang sedang bertarung di padang pasir, maka buatlah! Karena dari disitulah masterpiece mu akan lahir! Karya seni adalah 100% Free! DO WHAT YOU LIKE!

So, That’s it.. Jika kamu punya saran lain saya akan suka mendengarnya dikomentar..

*Artwork “Evelyn Snow” by Yuditya Afandi

Tag: Yudit 1999 Yudit Art Yuditya Afandi

8 Comments Add yours

  1. Anonymous says:

    keren gan, bikin semangat 45 :`)

    Liked by 1 person

    1. yudit1999 says:

      Thank you so much!

      Like

  2. Hwi says:

    Jadi pengen blajar 😀

    Liked by 1 person

  3. Anonymous says:

    anjer , terbakar gw bacanya, btw gw dari editor film , lagi nyari nyari mood buat lanjut ngedit , pas banget nemu blog mu nak wokwowkw

    Liked by 1 person

    1. yudit1999 says:

      Terima kasih sudah baca!

      Like

  4. Anonymous says:

    Terimakasih tipsnya kak,Sangat bermanfaat dan menginspirasi 🙂

    Liked by 1 person

    1. yudit1999 says:

      Thank you so much!

      Like

Leave a Reply

